Sinergi bersama Lanal Lampung Sukseskan Tagana Menjaga Alam, Tanam Ratusan Bibit Pohon

# Dilihat: 72 pengunjung
  • Bagikan

PESAWARAN –Kehadiran dan Partisipasi Taruna Siaga Bencana (TAGANA) telah memberikan kontribusi besar dan peran yang penting dalam penanggulangan bencana di seluruh daerah di Indonesia, baik dalam kondisi pra bencana, penanganan dan perlindungan bagi korban di masa tanggap darurat bencana, sampai dengan pendampingan bagi korban bencana pada tahap pasca bencana dan pemulihan.

Dalam rangka pencegahan, pengurangan resiko bencana dan optimalisasi peran dan fungsi dalam penanganan pra bencana, Forum Koordinasi Taruna Siaga Bencana ( FK TAGANA ) Provinsi Lampung menggelar kegiatan Bhakti Sosial penanaman pohon di areal Dermaga Caligi Bensam Pangkalan Angkatan Laut Lampung (18-19/12/2021).

Baksos FK Tagana Lampung, Tanam Bibit Pohon

Bakti sosial penanaman pohon dipimpin langsung oleh Kolonel Laut (P) Nuryadi Danlanal Lampung didampingi Peltu (Bek) Muherlan, Serka (Sba) Satriawal, Serka (Nav) Sakidi jajaran Satpotmar Lanal Lampung.

” Bahwa Pangkalan Angkatan Laut TNI AL mempunyai Fungsi 5 R (Repair, Refeull, Rest, Recreation dan Replacemant), selain memahami tugas-tugas kegarnisunan. Sinergi dengan berbagai pihak juga sangat penting termasuk dengan Tagana yang menjadi bagian dari unsur relawan penanganan bencana di Indonesia”, ujar Kolonel Laut (P) Nuryadi Danlanal Lampung, di acara tersebut.

Sementara itu, Ketua FK Tagana Provinsi Lampung Imam Setiawan menyampaikan, kegiatan ini merupakan bagian dari pengabdian dan peringatan Hari Ulang Tahun TAGANA ke-17 tahun 2021.

Sesuai surat edaran dari Kementerian Sosial RI, peringatan HUT TAGANA Tahun 2021 di tandai dengan mengusung tema “SINERGI BERSAMA MULTI PIHAK, SUKSESKAN TAGANA MENJAGA ALAM”. Kegiatan diikuti kurang lebih 65 personil Tagana mewakili Tagana dari Kabupaten/Kota se Lampung.

Pada kesempatan yang sama, Agus Purnomo, salah satu perwakilan Tagana dari Kabupaten Pringsewu Lampung mengatakan, dalam gelaran batu sosial penanaman pohon ini FK Tagana Lampung menyiapkan sekitar 700 bibit dari berbagai jenis tanaman.

“Sekitar 700 pohon dari berbagai Jenis tanaman seperti Trembesi, Salam daun lebar, Mahoni, Sirsak Madu, Durian, Kelapa Hibrida, Jambu batu merah tanpa biji berhasil ditanam pada kegiatan ini sekaligus mensukseskan program pemerintah yaitu tentang Revolusi Hijau ditiap daerah diseluruh Indonesia. Diharapkan adanya bakti sosial ini dapat menciptakan daerah yang hijau, asri, teduh dan sejuk khususnya di kawasan Caligi Bensam Lanal,” harap Agus.(*)

  • Bagikan