Dinsos Lampung Bersama Kemensos RI Gelar FGD Pekerja Sosial Masyarakat (PSM), Peningkatan Kemampuan Potensi

# Dilihat: 189 pengunjung
  • Bagikan

BANDARLAMPUNG — Dinas Sosial Provinsi Lampung bersama Perwakilan dari Kementerian Sosial RI, dan Pekerja Sosial Masyarakat (PSM) dari Kabupaten Kota se Provinsi Lampung mengadakan Forum Group Discussion (FGD), bertempat di Aula Dinsos Lampung, Rabu (31/3/2022).

FGD dipimpin Kepala Dinas Sosial Provinsi Lampung, Drs. Aswarodi M.Si, didampingi Kabid Pemberdayaan Sosial (Dayasos) Ahmad Victorrys, Peksos Ahli Madya Direktorat Direktorat Pemberdayaan Sosial Perorangan, Keluarga dan Kelembagaan Masyarakat (PSPKKM), Ani Iriani Freeyanti, serta Ketua LPSM Lampung Roswati.

Dalam Kesempatan itu, Kepala Dinas Sosial Provinsi Lampung, Drs. Aswarodi M.Si menyampaikan, keberadaan pekerja sosial masyarakat PSM merupakan salah satu sumber daya penyelenggara Kesejahteraan Sosial mempunyai kesempatan yang seluas-luasnya untuk berperan dalam penyelenggaraan Kesejahteraan Sosial.

Sebagaimana maksud diadakannya PSM adalah memberikan kesempatan dan menumbuhkan kepedulian warga masyarakat untuk berperan serta dalam melaksanakan penyelenggaraan Kesejahteraan Sosial.

Salah satu upaya untuk dapat membantu masyarakat dalam menangani berbagai masalah sosial maka perlu meningkatkan pemberdayaan pekerja sosial masyarakat PSM sebagaimana tujuan dari pembentukan dan penugasan PSM berdasarkan permensos Nomor 10 tahun 2019 adalah:

1. Terwujudnya kehidupan masyarakat yang berkesejahteraan sosial
2. Terlaksananya pelayanan sosial masyarakat
3. Terpenuhinya kebutuhan masyarakat terhadap pelayanan sosial.

Untuk mendukung maksud dan tujuan PSM Makassar Direktorat pemberdayaan sosial perorangan keluarga dan kelembagaan masyarakat mengadakan kegiatan focus group discussion pekerja sosial masyarakat dalam rangka upaya peningkatan kapasitas pekerja sosial masyarakat di Provinsi Lampung.

“Kepada para peserta focus group discussion Pekerja Sosial Masyarakat ini dapat memanfaatkan waktu yang sudah disediakan oleh Kementerian Sosial melakukan penguatan terhadap pekerja sosial masyarakat PSM sehingga tujuan dari peningkatan kemampuan potensi PSM ini dapat tercapai” ujar Kadis.

Sementara Itu, Kabid Dayasos Dinsos Lampung, Ahmad Victorrys menyatakan apresiasi kepada para PSM

“Saya salut Karena bapak lebih mendalami secara konkrit sebagai makhluk sosial, kami hanya sebagai makhluk sosial yang skubnya terbatas, tapi bapak ibu sebagai PSM, lebih konkrit untuk memenuhi masyarakat yang memerlukan pelayanan sosial,” ungkapnya.

Ahmad Victorrys menambahkan, dalam tugas dan fungsinya PSM diharapkan bisa memanfaatkan Jejaring sosial, dan Informasi Teknologi sehingga lebih memudahkan dalam menjalankan tugasnya.

“Kita tidak bisa kerja sendiri, kita harus berkolaborasi dengan stake holder seperti diantaranya dinsos, Dinkes, camat, serta instansi lainnya, karena perubahan dinamika masyarakat begitu cepat, sehingga PSM diminta lebih proaktif,” pungkasnya.

Perlu diketahui, turut hadir dalam kegiatan FGD Pekerja Sosial Masyarakat, Subkoordinator Bidang Pekerja Sosial Masyarakat Dit. PSPKKM/Analisis Kebijakan Ahli Muda Direktorat PSPKKM, Faizah, PPNPM Pramubakti Seksi Pekerja Sosial Masyarakat Dit PSPKKM, Raditya Pramanda Putra, dan Wakil Ketua IPSM Siti Aliptinah. (*).

  • Bagikan