Kepala Balai Regional Sumatera Tinjau Lokasi Wisata di Sumatare Barat

# Dilihat: 196 pengunjung
  • Bagikan

Kepala Balai pemerintahan desa di lampung (Regional Sumatera) Ditjen Bina Pemdes Kemendagri Irsan, melakukan pemantauan jalannya pelaksanaan libur hari raya Idul Fitri 1443 Hijriah tahun 2022 di lokasi desa wisata di nagari pagaruyung Kabupaten Agam Provinsi Sumatera Barat.

“Kita pantau jalannya pelaksanaan libur hari raya lebaran Idul Fitri 1443 Hijriah. Kita lakukan ini untuk pelaksanaan prokes yang ada di tempat tersebut,” kata Kepala Balai pemerintahan desa di lampung (Regional Sumatera) Ditjen Bina Pemdes Kemendagri Irsan, di Sumatera Barat, Rabu, (4/5/22)

Menurutnya, pemantauan dilakukan di nagari pagaruyung, Kecamatan Tanjung Emas dan  Batuasangkar Kabupaten Tanah Datar Sumatera Selatan.

Ia menjelaskan, ini dengan adanya mudik lebaran Idul Fitri 1443 Hijriah tahun 2022, ini menjadi titik balik pemulihan ekonomi disektor pariwisata. Karena dampak COVID-19, karena COVID-19 membuat sektor pariwisata yang terkena dampak paling parah.

“Alhamdulilah Istana pagaruyung hari kedua Idul Fitri 1443 hijriah tahun 2022, mulai  dipadati ribuan wisatawan terutama para wisatawan yang sedang mudik ke kampung halaman di Provinsi Sumatera Barat dari perbagai penjuru tanah air,” katanya

Irsan menjelaskan, selama pemantauan pengunjung mengikuti himbauan untuk tetap menjaga prokes , dan memanfaatkan infratruktur seperti tempat cuci tangan, dan dilakukan himbauan untuk memakai masker.

Pengelola wisata Ridwan mengatakan , selaku pengelola telah mengantisipasi peningkatan kunjungan  wisatawan tahun ini, agar para wisatawan bisa berwisata dengan nyaman dan tetap menjaga prokes dengan penyiapan sapras  dan selalu menghimbau wisatawan untuk memakai masker.

“Untuk mengantisipasi lokasi parkir kendaraan yang menjadi titik rawan kemacetan di jalan sekitar istana, pihak istana  telah nenyiapakan tempat parkir baru yang luas di samping istana yang dapat menampung ratusan kendaraan, dan untuk kesehatan pihak pengelola juga mesiagakan 1 unit mobil ambulan  dan 1 unit mobil pemadam kebakaran,” jelas Ridwan.(*)

  • Bagikan