Disnaker Lampung Laksanakan Penyuluhan dan Bimbingan Jabatan Bagi Alumni SMK, Ajak Manfaatkan Aplikasi Si Gajah

# Dilihat: 213 pengunjung
  • Bagikan

BANDARLAMPUNG — Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Provinsi Lampung melaksanakan kegiatan Penyuluhan dan Bimbingan Jabatan Bagi Alumni SMK di Lampung, 8-13 Juni 2022.

Kepala Dinas Tenaga Kerja Provinsi Lampung Dr. Agus Nompitu melalui Kabid Penempatan dan Perluasan Kesempatan Kerja, Budi Setiawan S.Kom MM, dalam sambutannya di SMKN 2 Bandarlampung, Senin (13/6/2022) menyampaikan, sebagai salah satu organisasi Perangkat Daerah di Provinsi Lampung yang memiliki tugas pokok dan fungsi di bidang ketenagakerjaan, peranan Dinas Tenaga Kerja Provinsi Lampung yang tidak henti – hentinya melaksanakan pembangunan terutama Pembangunan ketenagakerjaan.

Pembangunan ketenagakerjaan tidak hanya untuk kepentingan tenaga kerja sebelum selama dan sesudah masa kerja, tetapi juga terkait dengan kepentingan Perusahaan, Pemerintah, dan Masyarakat lainnya.

Kondisi Ketenagakerjaan Provinsi Lampung sampai dengan Bulan Februari 2022 :

• Jumlah angkatan kerja pada Februari 2022 sebanyak 4,97 juta orang, mengalami kenaikan dibanding Februari 2021.
• Tingkat Pengangguran Terbuka ( TPT ) Februari 2022 sebesar 4,31 persen turun 0,23 persen dibandingkan dengan Februari 2021
• Penduduk yang bekerja sebanyak 4,76 juta orang.

Oleh karena itu untuk menekan angka tingkat pengangguran terbuka di Provinsi Lampung diperlukan suatu cara untuk memperluas kesempatan kerja bagi masyarakat pencari kerja di Provinsi Lampung.

Ini sejalan dengan visi misi Gubernur Lampung yaitu Gerakan Malu Menganggur. Berdasarkan Keputusan Gubernur Lampung No G/ 635/V.08/HK/2021, tanggal 19 November 2021, tentang Aplikasi SiGajah Lampung ” ( Sistem Ketenagakerjaan Daerah Provinsi Lampung ) dalam jaringan online Alhamdulillah pada tanggal 9 Februari 2022 lalu, Pemerintah Provinsi Lampung melalui Dinas Tenaga Kerja Provinsi Lampung telah meluncurkan Aplikasi SiGajah Lampung , yaitu Sistem Informasi Ketenagakerjaan Daerah Lampung dilakukan yang peluncurannya langsung oleh Gubernur Lampung.

Kemudian pada awal bulan Juni kemarin aplikasi SiGajah Lampung ini juga sudah dapat diunduh melalui Play Store dengan nama SiGajah Lampung. Aplikasi ini adalah tempat bertemunya Pencari Kerja dan Pemberi Kerja, tempat pemebrian informasi pemagangan dan pelatihan kerja serta menyediakan ruang konsultasi seputar masalah ketenagakerjaan bagi masyarakat Lampung.

“Adik – adik yang kami banggakan, Selain perluasan kesempatan kerja melalui Aplikasi SiGajah Lampung, tentunya para kerja juga harus menguasai keterampilan baik Soft Skill maupun Hard Skill. Untuk itu, pada acara Penyuluhan Bimbingan Jabatan bagi para Alumni SMK ini, diharapkan adik – adik dapat mendengarkan dan menyerap para apa yang akan disampaikan oleh narasumber. Hal ini diperlukan agar adik – adik siap dan mampu memasuki dunia kerja. Semoga Kegiatan Penyuluhan dan Bimbingan Jabatan bagi alumni SMKN 2 & SMKN 4 Bandar Lampung tahun 2022 ini berjalan dengan lancar dan informasi yang disampaikan dapat dipahami dengan baik sehingga dapat mewujudkan Rakyat Lampung Berjaya,” tutup kadis.

Sementara itu, dalam kesempatan yang sama Ketua panitia kegiatan, Yashir Armansyah, SH, MH menjelaskan, Alumni SMK yang ikut dalam kegiatan ini diantaranya SMKN 2 dan 3 Metro, SMKN 2 Kalianda, dan SMKN 2 dan 4 Bandarlampung.

Ketua panitia kegiatan, Yashir Armansyah, SH, MH

Maksud dan tujuan diadakannya kegiatan penyuluhan dan bimbingan jabatan bagi alumni SMK di Provinsi Lampung ialah untuk mempermudah masyarakat/alumni melamar atau mendapatkan pekerjaan sesuai dengan minat, bakat, dan kemampuan, melalui Aplikasi si Gajah Lampung. Mengurangi pengangguran di Provinsi Lampung melalui penempatan tenaga kerja, mengetahui kualitas alumni (pencari kerja) dan jenis pekerjaan serta lowongan pekerjaan yang tersedia, pembinaan terhadap pencari kerja dan pengguna tenaga kerja/perusahaan.

Adapun sasaran dari kegiatan ini adalah alumni SMK se Provinsi Lampung (masyarakat pencari kerja), dan pengguna tenaga kerja atau perusahaan.

  • Bagikan